Minggu, 09 Desember 2012

Semester Test



Voila! Hai guys, apa kabar? Emm.. Musim yang gue tunggu akhirnya tiba juga! Siap-siap liburan!

Ehem.. jadi selama seminggu ini gue merasa seperti nggak jomblo lagi. Soalnya gue pacaran sama yang namanya buku dan kopi. Kenapa? Karena sedang menjalani Ulangan Akhir Semester, yang kemudian akan gue sebut dengan UAS.
Sebenarnya gue pengen nulis sudah jauh-jauh hari sebelum UAS, tapi gue tunda dulu biar nanti banyak hal yang gue tulis.
Oke lanjut..


Sabtu, 1 Desember 2012
Hari itu SMANSA masih pelajaran seperti biasa, tetapi hanya sampai jam pelajaran keempat. Dikarenakan besok Senin akan diadakan UAS. Jam perlajaran pertama dan kedua GHOST (XI IPA 3) berkutat dengan ulangan Matematika. Jam ketiga dan keempat Penjaskes diisi materi.

Pembagian kartu tes. Dari absen 1-4 ada diruang 18, absen 5-24 ada diruang 19, dan absen 25-34 ada diruang 20. Gue ada diruang 19 nantinya. Ada hal lucu yang terjadi saat pembagian kartu tes, si Iqbal mencak-mencak karena duduk depan sendiri dan DIDEPAN GURU. Dengan aksi dia yang seperti biasa bikin ngakak. Salah satu orang yang disalahkan Iqbal adalah.. Majid. Kok bisa? Soalnya Majid dulu bukan dari GHOST, tapi dari kelas lain yang kemudian pindah ke GHOST. Kalau Majid nggak pindah si Iqbal duduk paling belakang yang merupakan surga bagi anak tes. 


Minggu, 2 Desember 2012
Siang. Nyantai gilak! Berasa nggak ada beban sama sekali tentang UAS. Cuma les Fisika, selesai les? Tepar.
Malemnya? Bingung parah! Materi dikit, variasi soalnya? Beuh! Banyak buanget. Alhasil pacaran sama buku-buku dan kopi.
Jadi, kesimpulannya jangan remehin sesuatu. Jangan tunda-tunda suatu hal yang ada didepanmu. Thrash!

UAS dimulai pada hari Senin, 3 Desember 2012 dan berakhir pada hari Sabtu, 8 Desember 2012. Soal UAS dibuat oleh Kabupaten, khusus untuk soal UN (Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi) ada tambahan soal dari sekolah dalam bentuk Bahasa Inggris.


1st day..

Jam pertama (07.00-09.00) adalah Bahasa Indonesia.
Ngerjain Bahasa Indonesia yang penuh bacaan panjang dan ambigu itu udah bikin jadi kayak semacam kucing gemuk, males. Ditambah ngantuk gara-gara begadang semaleman. Alhasil ngerjain soal sambil nguap-nguap nggak jelas. Just can say 'pfft'

Jam kedua (09.30-11.45) Fisika.
Huaaaa! Ini nih yang bikin snewen tingkat dewa. Dalam waktu 2 jam 45 menit dikasih 40 soal dari Kabupaten dan tambahan dari sekolah sebanyak 15 soal berbahasa Inggris. Kalo soalnya 'friendly' sih nggak papa ya kan? Hlah ini? Bikin murka orang. Ada yg nggak ada jawabannya lah, soalnya nggak lengkap lah, dan gue nggak bisa ngerjain. Ditambah lagi pengawasnya selalu dibelakang. Hiks. Mau tanya temen pikir-pikir dulu.
Selesai tes? Remes-remes soal dengan rasa gemes.
Hari pertama.. Gloomy.

Selesai tes apa yang terjadi? Heboh bahas soal. Banyak yang mencak-mencak karena kekurangan waktu, inilah, itulah. Gue? Gue seperti mereka juga.
"Ini lagi hari pertama eksaknya cuma satu udah puyeng, hla besok pas hari ketiga sehari eksaknya tiga kudu piye?" - Kata kita.

"Sesuk neg nganti ono seg lolos fisika, elok tenan. Ndewone manjur" - Iqbal.


2nd day..

UAS hari kedua cuma Bahasa Inggris (Jam 07.00-09.00).
Hari kedua kelas XI tes sedirian, karena kelas XII yang biasanya duduk sampingan sama kelas XI masuknya jam 09.15.
Reading section bagian awal masih aman terkendali. Pas memasuki Listening section.. Jrengjreng! Dari sumber suara volume awalnya gede trus dikecilin jadi nggak jelas, yang katanya will spoken two times ada yang cuma one time. Dan emang dasarnya telinga gue lemah di listening. Alhasil dukunan gue dan dukunan temen gue gabung. Nggak takut pengawas? Ehh? Takut. Pengawasnya pas lagi killer juga. Tapi apa daya kefefet di listening.

Siang harinya..
Les Matematika dan kimia. Selesai les, belajar kimia. Mendahulukan yang pengawasnya killer, takutnya nanti ketiduran trus nggak sempet belajar lagi. Selesai Kimia lanjut Matematika. Begadang lagi. Kopi lagi.


3rd day..

Jam pertama (07.00-09.15) Matematika.
Oke pembukanya udah kayak gini. Let's enjoy! Tersedia 40 soal dari kabupaten dan 10 soal dari sekolah. Awal-awal masih relax ngerjainnya. Memasuki soal sekian puluh mulai kelihatan susah. Sabar.. Lanjut lagi. Nggak bisa, lewatin dulu. Nggak bisa lagi. Lewatin lagi.
Soal sekolah? Lumayan, 70% bisa ngerjain sendiri. Muahahaha.

"Rumus Kimia-ku rontok kabeh bar nggarap Matematika" - komentar yang banyak muncul.

Jam kedua (09.30-11.45) Kimia bersama pengawas killer :)
Soal 5 dari 40 soal Kabupaten nggak ngerti. Soal sekolah Alhamdulillah yah..
Jadi.. Kimia lancar jaya. Katalisnya manjur *ehh

Siang harinya..
"Ayo pada belajar besok tiga mapel"

Malam harinya..
Gue cuma belajar biologi. Sisanya, Agama cuma gue baca soal-soal dari LKS. Penjaskes? Enggak sama sekali.


4th day..

03.40 a.m
Alarm bunyi. Gue cuekin aja. Tiba-tiba gue ngerasa kalo ada serangga di pipi kiri, kemudian gue 'usir' dengan tangan. Ternyata itu TAWON. TAWON. Dan apa yang terjadi?! Pipi kiri gue pagi itu digigit tawon yang entah darimana asalnya. Hoki banget.

Keesokan harinya di sekolah..
"Lind, pipimu kenapa? Bengakak sebelah gitu" | tawon | "huahahahaha"
Gue kemana-mana sambil nutupin pipi kiri, dengan menghalalkan segala cara. Mulai dari pake tangan, dan sok 'emo girl' dengan menggunakan rambut. Tapi sia-sia. Selalu ada pertanyaan "Lind, kamu gendud banget sekarang", "Lind, pipi kamu kenapa?"
Jawabannya cuma satu 'tawon' #prayforLinda
...

Jam pertama (07.00-09.15) Biologi..
Lancar..

Jam kedua (09.30-11.00) Agama..
Beuh! Ini nih, soal yang keluar dari perkiraan. Bab terakhir banyak banget yang keluar, sejarah-sejarah gitu deh. Ta.. Tapi.. Nggak ngerti. Bye.

Jam ketiga (11.30-13.00) Penjaskes..
Horrayyy! Fix ngerjain dengan cara 'pendukunan' ;)
Kudu bilang 'WOW' sambil mencet hidung. Suraaaaammmmm..

Besoknya PKN sama TIK. PKN banyak banget.. Kalo TIK ehmm.. Banyak juga, tapi mendinglah 'lupa-lupa ingat' materi SMP dulu.


5th day..

Sampai sekolah pem-bully-an yang dilakukan Iqbal - Bagas - Ahok and the gang karena insiden 'tawon' terjadi lagi #prayforLinda

Jam pertama (07.00-08.30) PKN.
Sedih. Nggak bisa nanya temen buat diskusi yang jawabannya ambigu. Pengawasnya zuper zekalih.

Selesai jam pertama ada waktu istirahat 15 menit. Dan apa yang terjadi?! Dibully lagi!

Jam kedua (08.45-10.15) TIK.
Soal yang keluar jauuuhhhh dari banyangan. Jauuuuhhhh banget. Lebih mudah dari tahun lalu. Tapi.. Bab akhir-akhir nggak belajar. Jadi, pendukunan terjadi.

Siang hari sampai malam harinya..
Bingung. Jadwal tes besoknya Sejarah, Bahasa Jawa, dan Bahasa Perancis. Kurang ajaib gimana lagi coba kalo berhadapan dengan jadwal tes seperti itu?
Kebingungan juga terjadi di twitter. Apalagi Sejarah dan Perancis, jadi trending topic pelajar. Sejarah.. Katanya JASMERAH (jangan sekali-kali melupakan sejarah), tapi masalahnya kalo lihat ke belakang terus kapan move on-nya?! Kapannn?! #tsahhh #curhat
Perancis.. Orang Indonesia suruh pake Bahasa Perancis, ya susah :)


6th day..

Jam pertama (07.00-08.30) Sejarah.
Soal yang keluar Alhamdulillah apa yang gue baca semalaman. Tapi pas memasuki nama-nama Belanda sempet ngadat "itu tadi yang gue baca semalem! Tapi apa gue lupa". Mau tanya temen sih bisa tapi musti curi-curi kesempatan, karena pengawasnya killer. Endingnya.. Pendukunan lagi.

Jam kedua (08.45-10.15) Bahasa Jawa.
Lumayan, kecuali aksara jawa. Gue angkat tangan untuk masalah hal itu.

Jam ketiga (10.30-12.00) Bahasa Perancis.
Ini yang bikin snewen kelas kakap. Apalagi pengawasnya, 'adaw' kuadrat.
Pengawas bilang "Ayo dikerjain, cepet pulang" | Majid bilang "Nunggu soal listening dulu, Bu". HAHAHA seruangan ngakak. Kurang apalagi sih itu? Sejak kapan Bahasa Perancis ada soal listening? Soal listening Bahasa Inggris aja 'ngewel' apalagi listeningnya Perancis.
Dan belum apa-apa si Majid bikin ulah lagi dengan bikin bendera putih dari pensil dan tissu sambil di angkat. Asli bikin ngakak banget itu.

Sempet kaget, kok materi kelas XI sama kelas XII sama?
Gue mencoba ngomong ke kakak kelas samping saya. "Mas, pinjem soalnya dulu, boleh?" | *nyodorin soal* | "hlah, kok samaan?" *kembaliin lagi* "makasih mas"

A few moments later..
Pengumuman dari pihak sekolah kalo soal Bahasa Perancis kelas XII SALAH dan bakal diganti hari Senin! Kebayang kan betapa bahagianya kelas XII? Kebayang kan??
Oke kelas XI bakal duduk sendirian dengan behadapan dengan pengawas yang 'aduhai' bikin 'ngewel' ini.
Salah satu kakak kelas menyiapkan untuk berdoa sebelum pulang, KHUSUS kelas XII. "Untuk kelas XII.." Kelas XI semacam 'dipace' sama kelas XII "sebelum pulang mari kita berdoa sesuai Agama dan kepercayaan masing-masing. Mulai"
Dan FIX duduk sendirian.

Yang ngerti Perancis santai ngerjainnya. Gue dan yang nggak bisa Perancis hanya menunggu wangsit datang sambil mencoba mengerjakan. Alhasil.. Kanan kiri depan belakang serong sana sini, kita saling melengkapi. Thank you so much for Icha, Azis, Bagas, Kemas, Oki and especially for Putri. I don't know what else can I do to repay your kindness.

Jam menunjukkan pukul 11.50..
LJK sobek. Minta LJK lagi ke pengawas, "kurang sepuluh menit lagi kok baru ngganti?" | hla baru sobek kok, Pak | "nggak ada tambahan waktu" | yahh.. Lima menit ya, Pak | "nggak ada tambahan waktu pokoknya"
Oke sip. Sepuluh menit. GO!

Ngganti jawaban dengan terburu-buru, ditambah tinggal gue sendiri dikelas, dan nahan kebelet pipis sejak istirahat kedua tadi. What is more torturous than that problem? Pfft.
Done! Just five minutes I was done. Gue langsung teriak, padahal masih ada pengawas. But no problem, it's a form of happiness. Hahaha

Finally we have completed the semester test. I hope we get a satisfactory result. And prepare yourself for the holidays! Cayoooo!

With Love,
Linda

0 komentar:

Posting Komentar